Copyright © WarMu
Design by Dzignine
Saturday, March 2, 2013

Cara Memperbaiki Printer

 
 
Pasti agan-agan semua kesal jika kita hendak memprint sesuatu namun sialnya printer kita rusak, dan kita masih harus membawa ke teknisi printer untuk memperbaikinya dan pastinya masih dikenai biaya. nah sekarang warmu.blogspot.com akan berbagi cara untuk memperbaiki printer.

Berikut ini beberapa permasalahan dan
Tips penanganan toner Cartridge printer laserjet :

1. Paper Jams ( kertas terjepit)
Kertas yang lembab atau tidak layak dapat menyebabkan paper jams atau terjepit, mesin printer yang kotor oleh debu yang menempel pada kertas kadang dapat juga menyebabkan kertas terjepit. Jika paper jams terjadi pada printer anda, bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. Bersihkan dan dilap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut. Pemasangan penggulung kertas, pengait kertas, roda gigi, serta sensor yang kurang tepat dapat menyebabkan kertas terjepit dan untuk hal ini diperlukan seorang teknisi yang mengerti tentang troubleshooting printer. Ketika anda mencoba melepaskan kertas yang terjepit usahakan selalu mengeluarkan kertas searah dengan arah keluarnya kertas.

2. Kertas hasil cetak berkerut / wrinkle/ kriting
Pengait pada penggulung kertas yang sudah usang / aus dapat menyebabkan kertas hasil cetak berkerut. Ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat pula menyebabkan kertas berkerut. Kertas yang lembab atau tidak kering benar dapat pula menghasilkan keluaran yang berkerut. Cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih.

3. Garis-garis pada lembar cetak
Jika cetakan halaman kertas terdapat garis-garis hitam, hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab, biasanya hal ini dikarenakan oleh terdapatnya benda asing yang menempel pada scanner atau kaca pemantul. Jika permasalahan tidak berada pada kaca pemantul bisa jadi berada pada unit imaging. Jika anda memiliki cartridge yang lain ( lebih dari satu ) disarankan anda mengganti cartridge dengan yang lain yang sekiranya bagus. Hal ini dapat mengatasi permasalah diatas. Jika printer memakai system multi-komponen ( drum, toner, pengembang yang masing-masing unit terpisah) , ini membuat permasalahan semakin rumit. Namun diantaranya pasti ada yang bermasalah. Toner biasanya tidak ada masalah. Jika terdapat garis hitam besar/ lebar pada halaman cetak, biasanya dikarenakan oleh drum yang sudah aus atau lemah, dan perlu diganti dengan drum yang baru untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Titik-titik hitam pada halaman
Jika terdapat garis terdapat titik-titik hitam seperti taburan toner pada lembar cetak, masalah biasanya terdapat pada unit pengembang cartridge. Dan biasanya hal ini sulit untuk dibetulkan kecuali dengan mengganti dengan yang baru pengembang yang bersangkutan. Jika titik hitam diulang atau terdapat urut kebawah pada lembar cetak, biasanya ada cacat atau benda yang menempel pada unit drum. Usaplah dengan kain halus untuk menghilangkan benda asing yang menempel atau dengan mengganti drum jika terdapat lubang kecil pada permukaan drum. Namun masalah ini bisa juga terdapat pada sensor pencetak yang kotor dan jika demikian maka harus diservis sekaligus apabila memungkinkan.

5. Lembar cetak kosong / tidak rata
Jika terdapat garis terang atau daerah kosong / buram pada hasil cetak, hal ini disebabkan oleh toner yang menipis atau belum membaur sempurna. Pastikan anda memiliki serbuk toner yang cukup dalam cartridge yang dapat mencapai drum. Masalah lain mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tak dapat menyentuh toner karena unit penyaring wiperblade, dr.blade yang sudah aus/ keras. Ini berarti anda harus mengganti komponen yang terkait. Seringkali permasalahan bukan berada pada mesin atau cartridge , tetapi pada kertas. Dalam hal ini kertas lembab atau mengandung minyak sehingga toner atau tinta tidak dapat menempel dengan sempurna pada kertas. Ini biasanya seperti titik terang atau corengan buram pada lembar cetak. Jika anda kurang yakin, pastikan selalu menggunakan kertas yang bersih dan kering untuk melihat hasilya.

6. Double focus / imaging
Penyebab utama dari double focus / imaging pada halaman adalah dalam pengaturan pemasangan pengatur / fuser assembly yang tidak sesuai. Kombinasi yang tidak cocok antara drum dan toner juga bisa jadi penyebabnya. Jarang sekali produsen yang menghasilkan komponen yang tidak cocok dengan pengaturan fusernya . Beberapa jenis printer kadang tidak berjalan normal dengan interupsi aplikasi yang anda gunakan mungkin salah dalam penggunaan tinta yang menyebabkan masalah. Aturlah interupsi aplikasi anda terhadap pencetak melalui berapa jumlah titik per inci ( dot per inch ) / dpi.

7. Garis melintang pada halaman
Tempat ampas atau pembuangan toner pada cartridge mungkin penuh.Ganti dan bersihkan tempat pembuangan. Koneksi / hubungan yang kurang tepat antara unit imaging dengan mesin dapat pula menyebabkan hal ini. Bersihkan hubungan / penghubung dengan kain atau handuk. Bisa jadi toner cartridge tidak terpasang sempurna pada pencetak atau salah pasang drum. Atau ganti dengan cartridge yang lain dan ini akan mengatasi masalah.

8. Halaman gelap
Bisa jadi karena idensitas di-set terlalu pekat, coba terangkan focus/ image. Beberapa printer memiliki control idensitas tersendiri. Drum yang sudah aus bisa jadi masalah serta kualitas toner yang jelek bisa juga jadi penyebabnya.

9. Bunyi tidak wajar
Jika anda menggunakan toner cartridge, ganti dengan yang lain apakah permasalahan akan hilang. Karena bisa jadi kipas, roda gigi, bodi mesin dan komponen elektrik lainnya yang bermasalah.

10. Apabila terjadi Paper Jam jgn langsung di tarik kertasnya di diamkan dulu sekitar 10 menit baru di tarik tujuannya adalah agar bantalan Roll tidak robek

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kerusakan Printer yang Biasa Terjadi dan Cara Memperbaikinya

Printer biasanya andal bahkan pada lingkungan yang paling sulit sekalipun, tetapi mereka tetap saja bisa bermasalah. Dan kita semua tahu bahwa printer tidak berfungsi pada saat yang paling tidak tepat. Sebagai seorang profesional TI, sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki masalah yang biasa terjadi dengan printer tersebut. Berikut adalah beberapa masalah yang biasanya terjadi pada printer HP dan saran untuk memperbaikinya.

Paper Jam

Paper jam merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi di setiap printer. Printer bisa mengalami paper jam karena: kotor, jenis kertas yang digunakan salah, atau roller yang menggerakkan kertas rusak. Meskipun membersihkan printer secara rutin dan menggunakan kertas yang benar merupakan solusi yang mudah, mengganti roller bisa jadi pekerjaan yang sulit bergantung pada model printer Anda. Pada beberapa model, roller mudah diakses, tapi pada model yang lain Anda harus membongkar semua untuk mengganti roller. Apapun penyebabnya, pada waktu terjadi paper jam, tarik

kertas searah dengan jalur keluar kertas karena jika ditarik ke belakang bisa merusak printer. Printer HP tertentu lebih rentan terhadap paper jam dibanding yang lain. Biasanya, printer yang menampung kertas secara vertikal sering mengalami paper jam. Printer model ini tidak didesain untuk pemakaian intensif, tetapi banyak organisasi yang menggunakan mareka pada sistem stand-alone dan harus waspada terhadap masalah ini

Cetakan pada Kertas Kabur

Cetakan kabur biasanya terjadi karena salah satu kondisi berikut: toner/tinta printer sudah mulai habis, ketebalan cetak terlalu rendah, economode printing diaktifkan. Untuk dua kondisi terakhir Anda bisa melihatnya dari printer self-test (biasanya ada tombol terpisah pada printer). Jika economode diaktifkan, dan user mengeluh bahwa hasil cetak kabur, nonaktifkan dan/atau set ketebalan cetak lebih tinggi. Jika toner/tinta mulai habis, menggoyang-goyangkan cartridge supaya toner/tinta lebih merata bisa mengatasi masalah secara sementara sampai Anda mengganti cartridge.

Berbayang

Berbayang merupakan kondisi dimana gambar tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang juga tercetak. Ini bisa terjadi karena outlet listrik yang mensuplai listrik ke printer. Cek outlet listrik dengan menghubungkan printer lain untuk melihat apakah masalah yang sama muncul. Berbayang juga bisa disebabkan karena penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya (misalnya drum atau imaging kit). Semua spare part berkala mempunyai masa pakai untuk sejumlah kertas tertentu. Begitu printer mencapai angka yang ditentukan, Anda harus mengganti spare part tersebut untuk menghilangkan bayangan.

Toner Luntur

Jika hasil cetak luntur pada waktu disentuh dengan tangan, ada beberapa kemungkinan yang penyebabnya. Pertama, fuser rusak atau hampir habis masa pakainya. Solusinya adalah dengan menggantinya. Memperbaiki fuser tidak dianjurkan karena fuser termasuk spare part berkala dan tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk memperbaikinya. Kedua, toner cartrigde mungkin rusak sehingga terlalu banyak toner yang keluar. Pada printer laser hitam-dan-putih, solusinya adalah dengan mengganti toner cartrigde. Pada printer laser warna, ganti cartrigde yang bermasalah. Ketiga, ada toner yang tumpah di printer. Jika ya, ada harus membersihkannya.

Kehilangan Driver untuk Operating System Tertentu.

Begitu operating system baru dirilis, driver baru untuk printer eksisting juga akan dirilis. Namun, tidak semua printer mempunyai driver untuk setiap OS. Pada kasus ini, yang terbaik adalah mengacu ke manual printer dan cari driver apa yang bisa menyimulasikan printer eksisting. Meskipun tidak semua fungsi printer tersedia pada waktu simulasi, paling tidak masih bisa mencetak biasa. Sebagai contoh, sebagian besar printer HP masih bisa mencetak dengan driver HP LaserJet II, meskipun opsi tertentu, seperti duplexing, tidak akan bekerja.

Mencetak dari Paper Tray yang Salah

Lihat dua tempat untuk memperbaiki error ini. Pertama, lihat pada PC yang mencetak. Kedua, lihat printer. Jika aplikasi diset ke paper tray yang salah, Anda bisa memperbaikinya dari dalam aplikasi dengan mengklik Printer Properties dan cari opsi pemilihan tray. Pada printer, pastikan ukuran kertas di paper tray sudah cocok dengan yang di control panel.

Menarik Semua Kertas dari Tray

Jika printer menarik semua kertas dari tray (bukannya satu lembar), maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab untuk memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Anda bisa memesan dan menginstalasi pad baru tanpa harus mengirim printer ke tempat reparasi. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kertas basah akibat kelembapan. Pastikan kertas tersimpan dengan baik dan kibas-kibaskan sebelum dimasukkan ke dalam printer.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tips Merawat Printer HP Laserjet Agar Awet dan Maksimal

Kepada seluruh pemakai Printer Laserjet khususnya untuk "HP LOW END LASERJET" seperti Laserjet 4L, 5L, 6L, 1000, 1010, 1020, 2100, 2200, 4000, 5000 dll. Tips berikut juga berlaku untuk semua merk Printer Laserjet.
Berikut ini beberapa tips agar printer anda awet dan hasil cetak memuaskan :

TIPS :

1. Jangan sampai terjatuh serpihan "kawat strapless" pada baki kertas, atau lubang-lubang printer, ini disebabkan teknologi pemanasan printer tersebut menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak oleh benda-benda tajam, dan mengakibatkan kertas lecek dan hasil cetak ada bercak.

2. Jangan mencoba memaksa mencabut kertas yang "JAM" dengan paksa, usahakan menarik searah saat printer mencetak, apabila tidak bisa lebih baik bawa ke service center terdekat, daripada dipaksa dan harus ganti part (biasanya film, dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik dengan paksa.

3. Voltage / Listrik
Banyak printer yang hang/rusak hanya akibat tidak ada perlindungan listrik yang stabil, usahakan menggunakan stabilizer dengan system servo motor, dan grounding tidak melebihi 5 volt. (Parts DC Controller pada printer, peka dengan spike listrik)

4. Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai, apalagi listrik lepas tanpa stabilizer.

5. Rusak atau tidak rusak, usahakan setiap 6 bulan sekali printer tersebut di service, dan dibersihkan bagian dalamnya dari butiran bubuk toner.

6. Jangan memaksakan toner yang sudah bocor untuk printing, akan menyebabkan tumpukan butiran toner pada pemanas, yang berakibat menempelnya toner tersebut di heater dan pressure roller printer. Hasil print cacat permanen.

7. Jika Anda ingin mencetak diatas media lain yang mengandung bahan plastik, seperti: sticker, transparancy paper, pastikan bahwa media tersebut tahan panas. Jika tidak tahan panas, media bisa meleleh didalam printer dan menyebabkan kerusakan. Gunakan media yang asli dari Vendor yang bersangkutan, misalkan: HP Transparancy Paper, dll.

Demikian beberapa tips agar HP Laserjet anda bandel.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


10 Tips Penting untuk mendapatkan cetakan berkualitas pada printer HP Color Laser

1. Pasang peralatan printer dengan benar
2. Tangani toner cartridge dengan hati-hati
3. Gunakan kertas berkualitas terpercaya
4. Jaga kebersihan printer laser dan service printer Anda
5. Kalibrasikan printer laser saat diperlukan
6. Gunakan standar tes untuk densitas dan kualitas warna
7. Sesuaikan densitas warna saat diperlukan
8. Gunakan printer built-in PQ (Print Quality) Troubleshooting untuk memastikan kesalahan printer lainnya.
9. Gunakan printer drivers dan firmware upgrade yang sesuai
10. Peringatkan perusahaan layanan printer Anda mengenai masalah printer

1. Pasang peralatan printer dengan benar
Mengapa Penting?
Kualitas mencetak yang baik tergantung pada kondisi lingkungan yang sesuai bagi printer beserta perlengkapannya.
• Jika toner cartridge dalam keadaan terpasang, letakkan dengan hati-hati ke dalam kemasan original
• Simpan toner cartridge jauh dari aktivitas kantor untuk menghindari kerusakan fisik
• Periksa printer dan perlengkapannya ada dalam kondisi lingkungan seperti di bawah ini
Lingkungan Disarankan Diperbolehkan
Suhu 63 - 77"F 50 - 86"F
Kelembaban 30 - 70% RH 10 - 80% RH
Ketinggian 0 - 8530 ft

2. Tangani toner cartridge dengan hati-hati
Mengapa Penting?
Color toner berlaku seperti cairan, karena itu perlakukan dengan hati-hati. Penanganan yang salah dapat menyebabkan tumpah, kerusakan drum, ... berulang, kertas tidak tercetak, kerusakan struktural, atau malasah lainnya.
• Sebelum menginstal toner cartridge yang disimpan pada lingkungan yang memiliki temperatur dan kelembaban berbeda, biarkan cartridge selama beberapa saat untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan printer.
• Gunakan instruksi yang tertera pada kemasan untuk menginstal toner cartridge.
• Setelah segel dilepaskan, jangan mengocok toner cartridge.
• Simpan toner cartridge ...
• Jangan melepas cartridge setelah penginstalan. Jika memang harus dilepas, lap permukaan luar dengan hati-hati, jangan menyentuh permukaan drum.
• Saat menginstal atau melepas cartridge, matikan printer dan pegang cartridge dengan kedua tangan pada ujung-ujungnya untuk menghindari kerusakan printer atau cartridge.

3. Gunakan kertas berkualitas terpercaya
Mengapa penting?
Menggunakan kertas tebal, label, amplop, ..., transparansi, atau kertas jenis lainnya dapat menyebabkan masalah atau kerusakan pada printer. Warna dapat berubah tergantung pada bahan dasar kertas (jenis kertas). Untuk hasil terbaik gunakan kertas putih terang.
• Perhatikan petunjuk penggunaan printer Anda untuk jenis kertas yang sesuai dengan mesin yang didesain.
• Hindari penggunaan jenis kertas label, emboss, tebal, pracetak, kasar atau kertas non-laser.
• Pasang kertas sesuai dengan daftar spesifikasi pada Tip 1.

4. Jaga kebersihan printer laser dan service printer Anda
Mengapa penting?
Toner, bubuk kertas dan debris dapat terakumulasi, terutama dalam tipe mesin carousel. Pada saat akumulasi terjadi, membersihkan dan menservice printer dapat memperbaiki kualitas cetak.
a. Pada saat ...
b. JANGAN PERNAH MENIUPKAN UDARA KE DALAM PRINTER. Gunakan vacuum cleaner dengan toner filter, vacuum debris dari ..., terutama di bawah toner cartridge.
c. Gunakan handuk bersih yang agak basah untuk membersihkan sisa debu atau toner. JANGAN MENGGUNAKAN SOLVENT untuk membersihkan bagian dalam printer seperti belt atau roller.
d. Saat menghindari sentuhan terhadap delicate drum atau belt, bersihkan debu dan kotoran yang keluar dari toner cartridge dan bagian lainnya.
e. Lakukan beberapa kali tes print untuk membersihkan debu yang tertinggal pada kertas sebelum proses mencetak berjalan normal.
f. Bangun relasi dengan perusahaan service terkemuka. Service printer Anda secara berkala, terutama saat service items mencapai batas pemakaian.
g. Catat masalah service, simpan perlengkapan yang diganti dan maintenance items, kendala yang dihadapi, penghitungan kertas, dan pembersihan.

5. Kalibrasikan printer laser saat diperlukan
Mengapa penting?
Cetakan yang kabur yang disebabkan oleh kesalahan regristrasi, dapat diperbaiki oleh mesin kalibrasi. Jalankan "Full Calibration" saat mengganti toner cartridge atau menentukan densitas warna terang atau gelap.
Untuk menjalankan Full Calibrate Now pada HP Color LaserJet 1600/2600n/2605dn :
a. Tekan √(Select button).
b. Tekan4(panah kanan) (System setup), lalu tekan √.
c. Tekan4dua kali (Print Quality), lalu tekan √ dua kali.
d. Tekan 4(Calibrate now), lalu tekan √.
Untuk menjalankan Full Calibrate Now pada HP Color LaserJet 3000/3600/3800, 3500/3550/3700, 4600/4650, atau 5500/5550 :
a. Tekan MENU atau √ (Select button) untuk masuk ke menu.
b. Tekan 6(Panah bawah) untuk ... √.
c. Tekan 6(Panah bawah) untuk PRINT QUALITY, lalu tekan √.
d. Tekan 6(Panah bawah) berulangkali untuk CALIBRATE NOW (FULL CALIBRATE NOW pada beberapa model), lalu tekan √.

6. Gunakan standar tes untuk densitas dan kualitas warna
Mengapa penting?
Menggunakan Configuration Page (Diagnostics Page dalam model terbaru) mempermudah kita untuk melihat warna apa yang memerlukan adjustment. Prosedur mencetak halaman ini sangat bergantung pada model. Lihat Tip 7 untuk contoh halaman.
Untuk menjalankan Configuration Page dari HP Color LaserJet 3500/3550/3700, 4600/4650, atau 5500/5550 :
a. Tekan MENU atau √ (Select) untuk masuk ke menu.
b. Tekan 6 (Panah bawah), jika dibutuhkan, untuk menampilkan INFORMATION MENU, lalu tekan √
c. Tekan 6 untuk menampilkan PRINT CONFIGURATION , lalu tekan √.
Untuk menjalankan Diagnostic Page dari HP Color LaserJet 3000/3600/3800 atau 4700/4730 :
a. Tekan MENU atau √ (Select) untuk masuk ke menu.
b. Tekan 6 (Panah bawah), untuk menampilkan DIAGNOSTIC MENU, lalu tekan √.
c. Tekan 6 untuk menampilkan PRINT DIAGNOSTIC PAGE, lalu tekan √.
Untuk menjalankan Configuration Page dari HP Color LaserJet 1600/2600n/2605dn :
a. Tekan √(Select button) 2 kali.
b. Tekan4(panah kanan) 2 kali.
c. Tekan √.

7. Sesuaikan densitas warna saat diperlukan
Mengapa Penting?
Biasanya warna mungkin tidak sesuai dengan harapan. Gunakan Configuration Page (Diagnostic Page) untuk menentukan densitas warna lebih terang atau lebih gelap.
Penjelasan :
Contoh Configuration Page menunjukkan 4 variasi densitas warna dari cyan (tone biru), magenta (tone merah), yellow, dan black pada sisi kiri dan bawah yang memungkinkan variasi dari warna standar.
Kotak warna pada sisi kanan menunjukkan kotak warna ungu, orange, dan hijau, dari percampuran cyan, magenta, yellow pada warna cetak.

Jalankan Configuration Page pada bagian sebelumnya. Setelah Anda mengidentifikasi warna apa yang memerlukan densitas lebih dalam atau lebih ringan, kemudian :
a. Tekan MENU atau √ (Select button) untuk masuk ke menu.
b. Tekan 6 (Panah bawah), untuk menampilkan CONFIGURE DEVICE, lalu tekan √.
c. Tekan 6 untuk PRINT QUALITY, lalu tekan √.
d. Tekan √ untuk memilih ADJUST COLOR, tekan √.

Note : Untuk HP Color LaserJets 3000/3600/3800, 4650, 5550, atau 4700/4730 models, langsung ke langkah e2.
e. 1. Tekan √ untuk HIGHLIGHTS atau 6 untuk MIDTONES, atau 6 lagi untuk SHADOWS, lalu tekan √. Teruskan ke langkah f.
2. Pilih warna untuk mengubah. Contohnya, untuk batas cyan (blue), set cyan dari “0” sampai “-5”. Sama halnya untuk magenta (red), yellow atau black. Untuk memperdalam warna, set “+5”.
f. Cetak halaman sample setelah masing-masing adjustment dan …

Peringatan : Perubahan densitas warna tersimpan di memory printer. Untuk kembali ke setting-an awal, gunakan “Restore color values” di bawah menu Configure Device, Print Quality, dan submenu Adjust Color.

8. Gunakan printer built-in PQ (Print Quality) Troubleshooting untuk memastikan kesalahan printer lainnya.
a. Tekan MENU atau √ (Select) untuk masuk ke menu.
b. Tekan 6 (Panah bawah) berulang kali untuk menampilkan DIAGNOSTICS, lalu tekan √.
c. Tekan 6 berulang kali untuk menampilkan PQ TROUBLESHOOTING, lalu tekan √ untuk tes cetak.
Catatan:
d. Ganti warna cartridge yang cacat dan ulangi tes untuk memastikan kondisi.
Catatan : Selain oleh cartridge,kerusakan bisa disebabkan oleh printer.
e. Gunakan penggaris untuk mengukur jarak kerusakan berulang dan diskusikan dengan service provider.

9. Gunakan printer drivers dan firmware upgrade yang sesuai
Mengapa penting?
Printer driver dan firmware memainkan peran vital dalam kualitas imanging dan tampilan. Lihat panduan printer Anda untuk informasi car meng-upgrade.

10. Peringatkan perusahaan layanan printer Anda mengenai masalah printer
Mengapa penting?
Beberapa masalah spesifik yang terkait dengan warna LaserJet mungkin belum pernah dialami oleh perusahaan service Anda. Sebutkan masalah – masalah di bawah ini yang mungkin Anda pernah hadapi.
• Toner merah kabur pada printer HP Color LaserJet1600/2600n/2605dn/CM1015/CM1017
• Halaman kertas tidak tercetak pada HP Color LaserJets 4600 atau 4650 mencerminkan kegagalan sistem developer.
• Sisa toner pada transfer belt dan punggung kertas pada HP Color LaserJets 4600 atau 4650 …
• Peringatan yang salah “10.92.00 (-.01, -.02, atau -.03) CARTRIDGE NOT ENGAGED” karena kerusakan kunci pengungkit cartridge.
• Gambar kabur ke satu sisi atau tidak tercetak dari HP Color LaserJets 1500/2500/2550/2820 menandakan masalah pada carousel indexing.
• Gambar hitam hilang pada HP Color LaserJet 3500/3550/ 3700 karena gagal menarik warna (CL2)
• Blank page yang terus berlanjut pada HP Color LaserJet 4500/ 4550 disebabkan masalah pada ETB (electrostatic transfer belt).
• Lemah, alur lemah yang terus - menerus pada HP Color LaserJet 4500/4550 dikarenakan scanner kaca optik berdebu.
• Gambar samar-samar dari HP Color LaserJet 1600/2600n/ 2605dn dikarenakan tabel warna yang tidak teregistrasi, sesuai kalibrasi.ss

0 comments: